Kisah Kuburan Tanah Toraja
INDONESIA

Kisah Kuburan Tanah Toraja, Sulawesi Selatan

Misteri Horor – Kuburan ini menjadi salah satu tempat angker di daerah Toraja, Sulawesi Selatan. Dan kali ini kita akan membahas Kisah Kuburan Tanah Toraja.

Walaupun terkenal angker, kuburan Tana Toraja ini udah jadi objek wisata favorit bagi wisatawan luar negeri dan lokal. Nggak heran, kalo kuburan Tana Toraja ini jadi tujuan wisata horor yang bikin penasaran untuk dikunjungi.

Warga di sini memiliki tradisi memakamkan keluarga atau pun saudara mereka dengan cara memasukan jenasah ke dalam peti kayu. Lalu, peti kayu tersebut diletakkan di dinding batu. Jenasah juga akan dibuatkan patung kayu yang mirip dan diletakkan tak jauh dari tempat peti mati tersebut. Sedangkan untuk jenazah bayi, petinya hanya diletakkan di dalam pohon.

Saat berada di sini kamu akan melihat di pintu bagian luar yang dipasangi foto, karangan bunga, sesajen, hingga barang kepunyaan jasad yang dikuburkan di dalamnya. Selain itu, di sekitarnya juga terdapat patung-patung manusia yang dibuat sebagai simbol orang yang jenazahnya disemayamkan di tebing tersebut.

Patung-patung ini disebut Tau-tau. Menurut cerita masyarakat sekitar, agar seseorang yang sudah meninggal bisa dibuatkan Tau-tau, maka pihak keluarga harus melaksanakan upacara Rambu Solo dengan minimal mengurbankan 24 kerbau yang harga satu kerbaunya bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta.

Kisah Kuburan Tanah Toraja

Kisah Kuburan Tanah Toraja

Upacara pemakaman Toraja melibatkan banyak orang, dilakukan berhari-hari dan menghabiskan biaya sampai miliaran rupiah. Di akhir prosesi pemakaman, masyarakat Toraja memakamkan jenazah di tempat yang mungkin tak akan ditemukan di tempat lain.

Mereka punya cara istimewa dan unik untuk menunjukan penghormatan terakhir kepada orang-orang tercintanya, seperti suku Toraja yang tinggal di Utara Makale, Sulawesi Selatan percaya banget kalo letak makamnya lebih tinggi, maka semakin dekat dengan Tuhan. Nah, oleh karena itu, masyarakat di sana membangun makam di atas tebing batu yang dikenal dengan nama Kuburan Tana Toraja atau Makam Batu Lemo.

Prosesi pemakaman di tanah Toraja memang dinilai sakral. Bahkan ada legenda mayat berjalan yang juga terkenal sebagai kisah mistis disana. Bila kalian hendak wisata ke kuburan tana Toraja ini. Harap waspada.

Walaupun boleh dikunjungi, semua orang tidak diperbolehkan mengambil apapun yang ada di makam tersebut. Konon katanya, kita akan dihantui bahkan sampai di rumah kita yang mungkin berbeda pulau kalau kita mengambil sesuatu dari makam.

Kunjungi Juga : Agen Bandarq Terbesar

Hobiqq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *