Pantangan Tradisi Tahun Baru Imlek
MANCANEGARA URBAN LEGEND

Pantangan Tradisi Tahun Baru Imlek, Mitos Atau Bukan ?

Misteri Horor – Ada Beberapa Pantangan Tradisi Tahun Baru Imlek yang akan kita bahas kali ini. Pantangan ini dipecaya wajib dihindari setiap tahunnya.

Perayaan Imlek dipercaya merupakan awal keberuntungan selama satu tahun ke depan. Beragam acara digelar dalam memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa pantangan Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek.

Tidak Boleh Memotong Rambut

Pantangan Tradisi Tahun Baru Imlek

Di malam sebelum merayakan Tahun Baru Imlek, memotong rambut diperbolehkan dengan maksud untuk membuang kesialan.

Namun, menurut kepercayaan masyarakat Thionghoa menggunting rambut saat tahun baru Imlek dipercaya akan membuang keberuntungan di sepanjang tahun ke depan juga.

Tidak Boleh Ada Pakaian dan Piring Kotor

Pantangan Tradisi Tahun Baru Imlek

Sebelum Hari Raya Imlek tiba, dianjurkan melakukan bersih-bersih rumah untuk membuang semua kesialan di tahun sebelumnya.

Namun, saat Hari Raya Imlek dilarang bersih-bersih atau mencuci piring dan baju karena dianggap akan membuang segala rezeki yang akan didapat pada tahun baru.

Mitos Atau Bukan ? Pantangan Tradisi Tahun Baru Imlek.

Tidak Boleh Cerita Hantu Selama Tahun Baru

Kisah seram sering dikaitkan dengan kematian. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, apa yang terjadi pada malam Tahun Baru akan menggambarkan apa yang terjadi sepanjang tahun berikutnya.

Bahasa yang kasar atau kata-kata yang menunjukkan ketidakberuntungan tidak perlu dibahas terutama dalam satu hari usai tahun baru. Karena kisah hantu-hantuan seringkali dikaitkan dengan kematian. Maka siapapun dilarang untuk berbagi cerita tentang hantu atau roh orang mati.

Tidak Boleh Menyapu Rumah

Pantangan Tradisi Tahun Baru Imlek

Menyapu rumah berarti juga membersihkan rumah agar kotoran yang dianggap sebagai simbol kesialan disingkirkan, hingga tersedia ruang yang cukup untuk menampung keberuntungan.

Namun saat Imlek, tidak diperbolehkan menyapu rumah di hari pertama tahun baru karena itu artinya mengusir keberuntungan yang sudah hadir di rumah. Di hari berikutnya, lantai dan rumah baru boleh dibersihkan.

Sampah-sampah yang disapu tidak boleh dibuang dulu karena masih harus diletakan di dalam rumah minimal sampai hari ke lima Imlek, barulah sampah-sampah tersebut boleh dibuang.

Melunasi Semua Tagihan dan Utang

Jangan uutang dan juga meminjamkan uang di hari Tahun Baru Imlek, dan usahakan semua utang harus dibayar lunas sebelum malam tahun baru imlek.

Tujuannya, agar memulai tahun yang baru tanpa terbebani dengan utang-utang di tahun sebelumnya. Jika ada seseorang yang berhutang uang kepada anda, jangan datang menagih ke rumahnya.Orang yang melakukan hal ini dikatakan akan sial sepanjang tahun.

Kunjungi Juga : Agen Bandarq Terbesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *